Tips Menjadi Fotografer Yang Percaya Diri

Tips Menjadi Fotografer yang Percaya Diri

Terkadang, ketika kita mempelajari fotografi, tentunya ada saat dimana kamu merasa teknik fotografi yang kamu pelajari sangat sulit sehingga kamu memakan waktu yang lama untuk bisa mahir teknik tersebut. Pernahkah kamu menyadari jika kamu membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari satu teknik fotografi tersebut terkadang dikarenakan kamu belum menemukan kepercayaan diri akan kemampuan memotret yang kamu miliki? Biasanya hal ini sering dialami oleh pemotret pemula yang masih banyak belajar berbagai teknik fotografi sehingga terkadang membuatnya minder ketika harus membidik objek tertentu. Nah, dikesempatan in, DIY Kamera akan memberikan tips bagi kamu yang sering merasa tidak percaya diri dalam dunia fotografi.

Tips Menjadi Fotografer Yang Percaya Diri

Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips berikut :

  1. Komentar yang positif

Cobalah untuk meminta teman-temanmu baik dari klub fotografer ataupun teman sepermainanmu untuk memberikan komentar atau masukan untuk foto-foto dari hasil karyamu. Hal ini bisa memberikan pengaruh mengenai cara pandangmu tentang dirimu sebagai seorang fotografer dan tentunya kamu dapat memperbaiki kualitas kepercayaan dirimu. Jika memang terdapat komentar negatif, berusahalah untuk menganggap itu sebagai sebuah lecutan untuk belajar lebih banyak lagi.

  1. Bacalah tutorial

Belajar adalah proses yang berlangsung terus menerus dan akan selalu ada hal baru yang bisa dipelajari tentang fotografi. Jangan pernah menganggap diri kita sudah pintar mengenai hal tersebut. Bacalah berbagai tutorial untuk referensi fotografimu dan kemudian praktekkan.

  1. Ujilah kemampuanmu

Setelah membaca beberapa tutorial, usahanlah untuk mempraktekkan atau mengaplikasikan tutorial tersebut. Meyakinkan diri sendiri tentang kemampuan yang sudah dimiliki tentu akan menambah kepercayaan diri.

  1. Bandingkan foto yang lama dengan yang baru

Sesekali bandingkanlah foto lama dengan foto baru yang kamu buat agar kamu bisa menilai dirimu sendiri sejauh apa kamu bisa berkembang.

  1. Potretlah teman-temanmu

Pastinya tidak mudah untuk meminta orang yang tidak dikenal untuk menjadi obyek fotomu. Nah, soluasinya yaitu kamu bisa meminta teman-temanmu untuk menjadi objek atau model bidikan kameramu. Dengan mempelajari berbagai teknik dan apa yang kamu inginkan dalam fotografi, tentunya ini dapat menambah kamu percaya diri ketika memotret orang lain.

  1. Buatlah target

Luangkan waktumu untuk memikirkan apa kelemahanmu di bidang ini lalu buatlah tantangan dan target untuk diri sendiri agar kelemahanmu bisa kamu atasi dan berubah menjadi kekuatan.

  1. Belajarlah dari professional

Bacalah berbagai pengalaman fotografi dari berbagai fotografer professional di website, blog, sosial media, dan sebagainya. Jangan lupa sempatkan untuk menghadiri seminar,workshop, talkshow dari fotografer professional dan ketika acara tersebut selesai bertanyalah seputar fotografi sehingga saran yang diberikannya dapat kamu jadikan referensi.

  1. Pamerkan hasil karyamu

Sesekali pajanglah hasil karyamu di ruang publik agar kamu bisa mendapatkan komentar positif maupun komentar sebaliknya yang dapat membangun kepercayaan diri kamu.

  1. Cobalah proyek 365 atau 52

Proyek ini menantang kamu untuk memotret setiap hari selam 365 hari berturut-turut sehingga dapat membantu kamu untuk meningkatkan kemmapuan fotografi, kepercayaan diri, dan mengumpulkan bahan portofolio dengan cepat.

  1. Bergabunglah dengan komunitas fotografi

Bergabunglah dengan teman-teman sehobi sehingga kamu dapat bertukar pikiran, mendapat saran untuk meingkatkan hasil fotografimu, dan juga dapat melakukan aktivitas fotografi bersama-sama.