Tips Fotografi Human Interest

Tips Fotografi Human Interest

Human interest sepertinya menjadi salah satu subjek fotografi yang banyak diminati fotografer karena memuat pesan sosial dan sebagainya. Bahkan beberapa fotografer juga fokus dalam mengambil gambar human interest sebagai bentuk sosidaritas.

Fotografi human interest dalam karya fotografi bisa dijabarkan sebagai foto yang menggambarkan pribadi manusia atau interaksi manusia serta ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dalam kehidupannya. Semua aspek human interest menjadi point terpenting agar bisa menghasilkan interaksi emosional bagi yang melihatnya. Foto human interest biasanya hadir pada ranah foto jurnalisme yang dikenal mampu memberikan impresi visual yang kuat untuk mendukung pembahasan yang diurai dalam sebuah berita atau artikel.

Tips Fotografi Human Interest

Menurut Agus Leonardos, human interest merupakan genre fotografi yang eternal. Daklam arti, jenis fotografi ini seolah tak akan lekang oleh waktu. Untuk menghasilkan gambar yang penuh emosional, sebaiknya kamu memahami beberapa tips fotografi fotografi human interest sebagai berikut:

  1. Lebih peka dalam melihat situasi di lingkungan sekitar

Ya, hal ini bukanlah hal yang negatif karena kamu dituntut mengetahui beberapa kondisi yang menurut orang bisa memunculkan rasa simpati dan empati. Bisa dikatakan foto human interest tidak berbeda jauh dengan foto jalanan karena kamu harus mengenal dan mengetahui keadaan dan situasi di lingkungan sekitar.

  1. Sabar dan Belajar Untuk Mendapatkan Momen

Untuk menunggu momen yang pas memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sebagai fotografer human interest sudah menjadi bekal utama ketika harus berhadapan di lingkungan sosial. Maka dari itu, menangkap momen merupakan salah satu hasil yang sangat menakjubkan bagi fotografer. Terutama jika kamu dihadapkan di suatu lokasi yang bisa dibilang ekstrim seperti lokasi peperangan, bencana seperti kondisi kelaparan di Afrika dan masih banyak lagi.

  1. Pusatkan Subjek dan pisahkan dengan pengaruh sekitarnya.

Nah, untuk tips yang satu ini biasanya kamu berada di tempat keramaian. Jadi, untuk mendapatkan hasil gambar yang menarik kamu harus memusatkan subjek kamu dan memisahkan lingkungan lainnya. Sehingga hasil gambar akan lebih optimal.

  1. Close-Up Subjek

Mungkin ini salah satu cara yang sering dilakukan oleh fotografer human interest jika dihadapkan dengan subjek yang sulit didekati atau tidak ingin mengganggu subjek tersebut. Biasanya fot human interest tersebut banyak digunakan oleh jurnalis atau memang fotografer yang khusus berkecimpung dalam genre human interest tersebut. namun, tidak jarang orang awam pun juga menggunakan teknik ini untuk menghasilkan gambar yang fokus. Sekali lagi yang perlu diperhatikan adalah ekspresi subjek pada saat itu.

  1. Foto hitam-Putih

Cara yang bisa dikatakan sangat mendukung human interest adalah warna hitam putih. Kesan ini bisa memunculkan emosional yang cukup tinggi terlebih didukung dengan ekspresi sedih atau terharu dari subjek tersebut.

Beberapa tips fotografi human interest di atas bisa kamu lakukan sejak sekarang karena yang kamu butuhkan hanyalah kamera dan keberanian diri. Jika kamu sudah mengenal kondisi lingkungan dan memiliki ketajaman dalam melihat lingkungan sosial maka kamu sudah siap untuk menangkap momen yang penuh emosional.