Setting Kamera Untuk Foto Wedding1

Setting Kamera Untuk Foto Wedding

Fotografi wedding sepertinya sebuah aktivitas yang menarik jika dilihat, namun hal tersebut justru sangat bertolak belakang menurut fotografer wedding. Justru fotografi wedding merupakan salah satu momen yang bisa membuat fotografer strees karena berbagai persiapan yang harus dilakukan. Tidak hanya dari perlengkapannya saja melainkan juga dari attitude atau sikap kita terhadap pihak pengantin baik pengantinnya, keluarganya, saudara dll.

Setting Kamera Untuk Foto Wedding1

Nah, setelah mengetahui beberapa hal yang perlu kamu persiapkan untuk pesta pernikahan maka kamu harus mempersiapkan kamera kamu dengan keadaan sesiap mungkin. Kali ini, akan membahas mengenai pengaturan kamera yang pas untuk fotografi pernikahan. Sebagai contoh, disini akan menggunakan kamera Nikon D750 untuk memulai setting kamera yang pas.

  1. Aperture Priority

Ya, cara manual merupakan cara shoot subjek yang paling bagus digunakan. Salah satu pengambilan gambar yang penting adalah ketika pengantin memasuki gedung pernikahan. Disana kamu akan menjumpai pengantin terlihat remang-remang dan bahkan backlit jika dishoot. Cara yang paling cepat adalah dengan aperture priority. Shutter speed bisa kamu atur 1/200 dan ISO maksimal mencapai 12,800. Kunci dari penggunaan aperture priority adalah terdapat dalam menu, dibawah setting custom, cara yang paling mudah adalah set On pada exposure compensation.

  1. Back-Button Focus

Untuk pengambilan gambar seperti halnya ketika mengambil gambar pada umumnya, kamu hanya perlu menekan setengah rana untuk fokus kemudian kebawah untuk mengambil gambar. Namun, kadangkala mengalami masalah saat shoot gambar dengan cara semacam itu. salah satunya ketika mengambil gambar dengan single-shot autofocus (AF-S) yang menyebabkan subjek tidak fokus berada tepat sesuai dengan keinginan kita. Cara mengatasinya adalah dengan memfokuskan ke subjek lain dan menggantinya dengan continuous autofocus (AF-C). Jadi kamu hanya perlu fokus dan menembak subjek yang bergerak dan yang menjauh dari kamu. Jika kamu ingin mengambil gambar pengantin maka atur ulang autofokus kamera pada single-shot autofocus (AF-S)

  1. Tombol PV

Masukkan button tersebut ke dalam MYMENU. Walaupun item MYMENU sudah minim saat ini, namun kamu bisa memasukkan beberapa hal yang kamu butuhkan. Jika kamu shot gambar sdengan 20mm dan subjek tidak terlalu bergerak maka kamu cukup menggunakan 1/20 atau ISO lebih rendah lagi. Kemudian manfaatkan image overlay, itu salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menghasilkan beragam exposure. Item terakhir yang harus kali lakukan adalah setting AF. Biasanya yang bisa kamu lakukan adalah menggantinya dari AF11 kembali dengan semua titik autofokus.

  1. Tombol Fn

Gunakan Tombol Fn untuk mematikan flash. Fungsinya ketika kamu membidik gambar dengan kamera tanpa flash dan menginginkan gambar sekitar kamu tidak perlu melepaskan pemicu flash atau mematikan flash kilat melainkan kamu hanya cukup menekan tombol tersebut dengan jari manis kamu.

Cara tersebut bisa kamu gunakan selama pemotretan wedding. Sebelum mencobanya langsung saat momen sakral berlangsung. Sebaiknya kamu mencobanya terlebih dahulu agar persiapan kamu leih matang.