Rekomendasi Prime Lens Canon Untuk Pemula

Rekomendasi Prime Lens Canon Untuk Pemula

Kamu baru saja membeli kamera Canon? Sedang mencari lensa terbaik untuk kameramu? Nah,  Bagi kamu pengguna pemula DSLR Canon yang sedang berburu lensa baru, DIY Kamera akan memberikan tips bagi kamu dalam memilih Prime Lens. Berikut rekomendasi DIY Kamera bagi kamu yang ingin memiliki Prime Lens terbaik :

  1. 50 milimeter

Dalam satu paket DSLR, pastinya terdapat kit lens 18-55mm f/5.6-3.5 yang dapat mengambil foto dengan baik dalam situasi rendah cahaya. Dengan adanya lensa tersebut, pastinya kamu akan mempertimbangkan untuk membeli Prime Lens satu ukuran. Apabila kamu ingin mendapatkan sebuah foto yang bagian latar belakangnya ‘out of focus’ sehingga objek utamanya tampil sangat jelas, atau biasa disebut dengan efek bokeh, solusinya kamu dapat menggunakan Prime Lens 50mm f/1.8 II atau 50mm f/1.4. Kedua lensa ini sangat baik digunakan memotret dengan cahaya rendah, cocok digunakan saat senja atau indoor.

Rekomendasi Prime Lens Canon Untuk Pemula

Jika kamu masih pemula lebih baik menggunakan ukuran aperture f/1.8 yang harganya sudah cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 900.000,-. Dengan lensa tersebut kamu dapat melakukan eksperimen meskipun mungkin awalnya agak sulit untuk menemukan fokus manual, tetapi hal ini bisa cepat dikuasai. Jika kamu memiliki anggaran lebih, maka ukuran f/1.4 adalah pilihan yang lebih baik karena lensa ini merupakan lensa portrait ideal untuk cropped sensor dan merupakan peningkatan dari model f/1.8. dengan ukuran f/1.4 tersebut, kamu bisa mendapatkan 16 kali lebih banyak cahaya dibandingkan lensa kit EF-Smartphone 18-55mm pada ujung telephotonya, serta mendapat 2/3 stop lebih cepat dibandingkan EF 50/1.8 dimana fokusnya lebih cepat, manual fokus full time, mountless terbuat dari metal, dan optik lebih baik. Diperkirakan harga lensa tersebut Rp. 3.740.000,.

  1. 40 milimeter

Lensa Canon EF 40mm f/2.8 mungkin tampak seperti lensa yang tak lazim, namun lensa 40mm ini sangat praktis untuk digunakan karena ukurannya yang mungil yaitu dengan tebal kurang dari satu inchi dan berat 5 ons sehingga dapat mudah dipasangkan di kamera dan dapat dibawa kemana-mana tanpa keberatan. Meski aperturenya tidak selebar yang disukai oleh para fotografer, tetapi lensa ini sudah cukup untuk digunakan dalam berbagai keperluan. Kelebihan lensa ini adalah dapat mengahasilkan foto yang tajam. Lensa mungil ini sangat cocok dipasangkan dengan Canon 650D dan bila dipasangkan dengan tipe Canon lainnya sistem fokusnya tidak berfungsi dengan sempurna karena akan kehilangan ketajaman pada bukaan aperture kecil yang melampaui f/9. Namun, kekurangan ini dapat diperbaiki melalui sistem resmi Canon. Harganya lensa ini sekitar Rp. 1.795.000,-.