Mengenal Komposisi Framing Pada Fotografi1

Mengenal Komposisi Framing pada Fotografi

Komposisi dalam dunia fotografi memiliki peran yang penting sebab jika kamu tidak mengenali komposisi dalam memotret maka hasil foto akan terlihat sangat minim bahkan tidak menarik sama sekali. Salah satu komposisi yang perlu kamu kenali adalah komposisi framing.

Mengenal Komposisi Framing Pada Fotografi1

Framing atau pembingkaian merupakan cara komposisi dengan sengaja membingkai subjek sehingga akan fokus pada subjek tersebut. framing bisa dicapai dengan menempatkan elemen foto yang jaraknya dekat dengan kamera. Dengan framing maka bisa menambahkan dimensi foto karena terdapat lapisan yang dibentuk antara frma dengan POI sehingga visual gambar lebih menarik.

Berikut beberapa komposisi frame untuk menangkap subjek dengan maksimal:

  1. Frame dalam Bingkai

Untuk memberikan fokus pada subjek secara komparatif adalah dengan menempatkan subjek didalam bingkai. Misalkan kamu sebagai fotografer yang sedang berada di ruangan dan mendapatkan subjek tepat pada jarak pandang dalam jendela maka ada dua hal yang bisa kamu lakukan: pertama, kamu bisa lebih dekat ke jendela kemudian jepret subjek tersebut atau, kedua, kamu menyertakan jendela tersebut dengan subjek sehingga gambar seperti terbingkai jendela. Bingkai tersebut bisa meningkatkan fokus pada subjek tanpa harus mengurangi maknanya.

  1. Frame Natural

Untuk mendapatkan bingkai agar subjek fokus maka kamu bisa memanfaatkan alam. Sebab alam menyediakan berbagai benda yang bisa dijadikan sebagai bingkai, mulai dari gunung, pepohonan, bunga dll. Selain itu, cahaya dan bayangan juga bisa dijadikan sebagai bingkai. Hal ini bisa kamu dapatkan apabila kamu bisa mengambil gambar dengan teknik yang tepat.

  1. Frame Buatan

Kesadaran kamu terhadap komposisi framing membuat kamu untuk memikirkan kembali apa yang tepat untuk dijadikan sebuah bingkai. Salah satunya adalah frame buatan yang bisa kamu dapatkan di bangunan-bangunan perkotaan.

  1. Mengelilingi atau tidak

Ya, frame tidak selalu harus mengelilingi subjek. Misalkan ketika kamu terbiasa mengambil gambar dari jendela dan bingkai jendela menekankan gambar subjek berbeda halnya dengan tahap ini. Bingkai bisa kamu ambil dari beberapa alam misalkan langit bisa menjadi frame untuk burung atau lautan bisa menjadi frame dan kapal nelayan yang melintas.

Kembali lagi, komposisi framing bisa kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan kamu. Asalkan kamu benar-benar memahami akan pentingnya frame untuk subjek foto.