Mengenal Adapter Lensa Atau Lens Adapter

Mengenal Adapter Lensa atau Lens Adapter

kamu ingin mencooba memasangkan lensa dari merek lain ke bodi kameramu ? Atau ingin menggunakan lensa antik di DSLR kamu? Salusinya kamu harus menggunakan lens adapter atau adapter lensa. Adapter lensa tersebut memungkinkan kamu untuk menggunakan berbagai macam lensa alternatif, termasuk lensa zaman dahulu yang klasik dan unik, serta langka.

Adapter lensa ini berupa ring bermesin dengan teknologi rendah yang bisa mencocokkan lensa dengan bodi kamera. Ujung yang satu dirancang untuk menerima merk dan atau jenis lensa tertentu, sedangkan ujung lainnya dirancang untuk menyesuaikan bodi kamera. Ketika lensa dipasang ke adapter, fitur lensa yang bergerak secara elektronis seperti auto fokus dan auto aperture tidak akan bekerja, sehingga kamu harus menggunakan fokus manual dan secara fisik menggerakkan aperture untuk mulai memotret. Selain itu, lensa juga tidak akan bisa mengirim data EXIF ke kamera.

Mengenal Adapter Lensa Atau Lens Adapter

Meskipun ada beberapa adapter yang memiliki chip fokus yang bisa membuat kamera memberikan tanda saat objek telah terfokus (biasanya dengan suara “bip” atau icon yang muncul di viewfinder), tetapi tidak semua lensa cocok dengan semua sistem kamera. Kebanyakan adapter dibuat untuk digunakan bersama dengan lensa lama yang memiliki cincin aperture manual yang harus disesuaikan dengan pemaikainya. Banyak lensa modern yang memiliki nilai kontrol aperture elektronik yang tidak akan berfungsi di kamera lain sehingga produsen adapter memecahkan masalah ini dengan memasukkan kenop fisik untuk aperture lensa yang dipasang di adapter. Dengan demikian kamu hasrus secara manual menyesuaikan aperture melalui adapter, bukan lensanya.

Lensa adaptasi tersebut tentunya bisa menghilangkan banyak fitur auto dari kameramu sehingga akan membuat pekerjaan menjadi lebih lamban. Namun untuk beberapa pekerjaan yang tidak bergantung pada autofokus sangat cocok digunakan untuk lensa adaptasi ini. Salah satu keunggulan digunakannya lensa alternatif dengan adapter ini antara lain yaitu lensa alternatif lebih murah, terdapat beberapa lensa alternatif yang memiliki kualitas lebih baik dibandingkan lensa yang tidak teradaptasi, dan sebagainya.

Sejauh ini terdapat beberapa produsen yang memiliki reputasi baik di bidang pembuatan adapter yang dapat kamu jadikan opsi ketika ingin membeli adapter tersebut, diantaranya yaitu Adaptimax, Bower, CameraQuest, Fotodiox, Novoflex, Vello, dan sebagainya. Untuk mendapatkan adapter yang murah, kamu bisa mencarinya di beberapa toko online terkemuka. Adapter tersebut biasanya paling cocok digunakan di DSLR Canon karena DSLR Canon memiliki ukuran mount lensa yang baik dan sudah bertahun-tahun berhasil mengadaptasi banyak sekali lensa alternatif.