Manfaat Menggunakan Lens Cap

Manfaat Menggunakan Lens Cap

Pernahkah kamu merasa malas untuk memasang tutup lensa kamera? Seberapa sering kamu tidak memasang tutup lensa ketika kamera sedang tidak digunakan? Sepertinya mulai sekarang kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan buruk tersebut karena benda kecil penutup lensa kamera tersebut sangatlah penting untuk melindungi kameramu.

Penutup lensa kamera atau lens cap ini sudah seharusnya kamu gunakan untuk melindungi lensa kamera karena lensa kamera mudah terbentur dan tergores. Selain itu, lensa merupakan aset yang sangat berharga bagi seorang fotografer karena harga lensa ini tidak murah sehingga kamu harusĀ  pertimbangkan untuk selalu menggunakan penutup lensa ini agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada lensa kameramu.

Manfaat Menggunakan Lens Cap

Terdapat dua jenis lens cap di pasaran, yaitu tutup lensa bagian depan dan tutup lensa bagian belakang. Untuk bagian depan, tentunya lens cap ini tidak menempel langsung pada kamera. Ada tiga jenis dasar dari lens cap depan ini yaitu snap-on lens cap, push-on lens cap, dan proprietary cap. Sedangkan untuk bagian belakang, llens cap ini tidak etrpasang di bodi kamera. Jadi merupakan cap yang dipasang untuk lensa SLR. Ada tiga jenis lens cap tutup belakang ini yaitu bayonet mount, screw-on, dan push-on.

Manfaat dari lens cap ini yaitu antara lain :

  1. Melindungi dari goresan

Dengan mempertimbangkan harga lensa yang sangat mahal, maka diperlukan perlindungan yang tepat. Apalagi kacanya bisa mudah tergores benda apapun.

  1. Melindungi dari benturan

Kamera biasanya dibawa kemana-mana sehingga selalu mudah terbentur dan tertarik, oleh karenanya harus diberikan perlindungan menggunakan lens cap tersebut.

  1. Melindungi dari debu

Efek dari tumpukan debu dan kotoran juga tentunya dapat merusak fungsi lensa kamera sehingga lensa kamera karus selalu dilindungi.

  1. Melindungi dari jari

Terkadang anak-anak atau bahkan orang lain secara tidak sadar suka menyentuh bagian depan lensa sehingga dapat meninggalkan jejak jari atau goresan. Perlindungan terhadap lensa kamera ini harus selalu dikedepankan.

  1. Melindungi dari cairan

Terkadang kita juga diharuskan untuk memotret di tempat yang tidak kering seperti ketika saat hujan dan sebgaainya. Tak dapat dipungkiri, air dan cairan lain dapat memercik ke lensa dan menyebabkan goresan atau kerusakan, sehingga perlindungan terhadap lensa kamera sangat dibutuhkan.